SELAMAT DATANG DI BLOG DINAS KESEHATAN KOTA SERANG

Go to fullsize image

Sabtu, 06 Februari 2010

Alternatif pembiayaan kesehatan perlu dicari

Rabu, 03/02/2010 19:41:31 WIBOleh: R. Fitriana
JAKARTA (bisnis.com): Pemerintah perlu mencari alternatif pembiayaan lain untuk kesehatan karena minimnya belanja kesehatan nasional.

Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Bambang Purwoko menyatakan alternatif pembiayaan lain untuk sektor kesehatan di antaranya dengan partisipasi seluruh rakyat Indonesia untuk iuran jaminan kesehatan bersama pemerintah.

"Ada beberapa cara untuk alternatif pembiayaan kesehatan, seperti diberlakukan jaminan kesehatan yang berbasis iuran," katanya saat seminar Program Jaminan Kesehatan hari ini.

Dia menilai akibat dari rendahnya kualitas kesehatan di Tanah Air, maka kematian ibu saat melahirkan menjadi tinggi, yakni sebanyak 420 per 100.000 populasi yang berarti satu dari 238 orang ibu yang melahirkan telah meninggal dunia.

"Dampak lainnya adalah kematian anak balita di Indonesia yang pada tahun lalu sebanyak 34 per 1.000 anak, artinya satu dari 29 anak balita meninggal dunia," ungkapnya.

Untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat, dikatakan Kadiv Pelayanan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan PT Jamsostek (Persero) Sylvia Achmad dapat dengan cara mengikuti jaminan sosial tenaga kerja.

Pasalnya, dia menambahkan dalam jaminan sosial ini ada program yang dapat memberikan jaminan bagi kesehatan dengan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan di luar wilayah domisilinya.

"Fasilitas kesehatan yang diperoleh dapat dengan rujukan eksternal maupun reimbursement emergency di luar wilayahnya," tukasnya. (tw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar